Tuesday 11 September 2018

Membangun Rumah Gak Perlu Ribet Lagi dengan Mesin Cetak 3D



Kemajuan Teknologi Manusia nampaknya sudah di Luar Batas Nalar. Dalam Waktu beberapa tahun saja, mesin cetak yang awalnya hanya sebatas membuat mainan berukuran kecil, kini telah berkembang Menjadi Mesin Cetak yang bisa digunakan untuk membangun rumah. Tentu bisa anda bayangkan kan betapa besarnya manfaat dari penemuan ini?

Jadi, daripada saya masih belum sempat membuat desain-desain lagi dan juga belum sempat untuk membuat video vlog, saya coba share informasi yang sangat luar biasa ini kepada kalian. Yah itung-itung bisa menambah wawasan kan llumayan juga, dan dengan informasi ini kita juga bisa membayangkan, begitu luar biasanya teknologi masa depan yang menanti kita.

Seperti yang saya kutip dari beritasatu.com, Perusahaan pertama yang melakukan pembangunan rumah dengan teknologi mesin cetak 3D atau 3D printing di Eropa ini adalah Printhuset dari Denmark. Adapun bangunan pertama yang dibuat dengan teknik ini, adalah sebuah gedung kantor di Kopenhagen, Denmark.



Rumah yang dibangun di Denmark itu sebenarnya bukan bangunan pertama yang dicetak dengan canggih ini. Sejumlah perusahaan Tiongkok diketahui telah menggunakan teknologi pencetakan rumah itu sejak beberapa waktu, tapi baru kini dilakukan di Eropa karena adanya peraturan bangunan yang lebih ketat.

Dengan Adanya mesin Cetak Rumah ini, Tentu perkembangan dunia Arsitektur akan semakin maju. Dengan menggunakan mesin ini, Bangunan-bangunan dengan shape yang lebih menarik dan terkesan futuristik tentu akan lebih mudah diwujudkan. Dan sudah pasti pengerjaanya juga akan sangat singkat, perbedaanya itu kalau saya ambil perumpamaan seperti lebih cepat mana antara melukis dan mencetak foto,hehe.

Pada awal-awal penemuan mesin ini, pengerjaannya masih dirasa sangat lambat, karena masih membutuhkan waktu sekitar 1 menit untuk membangun dinding selebar 6 meter. Sehingga untuk membangun 1 rumah masih dibutuhkan waktu 50 jam? Haah, Serius loh, waktu segitu cepatnya masih di bilang lambat?

Yups, Bener bro, hal itu karena dalam perkembangan terakhirnya, mesin Cetak Rumah ini sekarang bisa membangun dinding selebar 18 meter dalam waktu 1 menit atau lebih cepat 3x lipat. Itu berarti, tidak sampai 13 Jam waktu yang dibutuhkan untuk membangun 1 Rumah. Wow Kereen kan!

Yah segitu aja deh, Info menarik kali ini. Thanks

No comments:

Post a Comment

Popular Posts